Type something and hit enter

author photo
By On
Mendaki Gunung Welirang

Hallo Gaes,, ane mau mengulas pendakian ke gunung welirang ni.

Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.156 m dpl yang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Welirang bersebelahan dengan Gunung Arjuno, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Welirang terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Arjuno, sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan Arjuno-Welirang. Kompleks Arjuno-Welirang sendiri berada di dua gunung berapi yang lebih tua, Gunung Ringgit di timur dan Gunung Lincing di selatan. Area fumarol dengan cadangan belerang ditemukan di sejumlah lokasi pegunungan ini.

"Welirang" atau Walirang (nama kunanya) dalam bahasa Jawa berarti belerang. Di sekujur lerengnya ditumbuhi tetumbuhan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Jalur pendakian dapat dilakukan melalui Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Di bagian sekitar puncak hidup tumbuhan endemik yang dinamakan penduduk setempat sebagai manis rejo. ( sumber wikipedia )

Tetapi team kami melakukan pendakian via tretes-Pandaan di tepatnya di belakang hotel surya. Kami berangkat bersama 5 orang rombangan. medan yang kami lalui berupa jalan bebatuan yang nanjak terus. Tepat pukul 23.00 kami mulai berangkat, tidak lupa kami melakukan ritual dulu agar di beri kelancaran pada saat pendakian yaitu berdo'a. Di jalur ini terdapat dua pos peristirahatan yaitu Kop kopan dan Podokan.

Hari pertama kami beristirahat di kop kopan. membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan dari pos perizinan ke kop kopan "Jalan santai ya, maklum pendaki lemot". tidak di sangka di pos ini sudah ramai tenda dari pendaki lain, akhirnya ada lahan kosong langsung kami mendirikan tenda untuk istirahat. dan tak lupa juga memasak mie instan dan jahe hangat untuk camilan sebelum tidur.

Mendaki Gunung Welirang
Team Expedisi

Oke Day 1 sudah selesai. Keesokan harinya matahari sudah mulai menunjukkan teriknya menunjukkan waktu sudah agak siang. sekitar jam 8 kami bangun dan bersiap - siap untuk masak. kali ini menu masih di dominasi mie instan kwkwkwkwkw... karena kami tak cukup banyak waktu untuk masak yang lain dan sengaja memang masakan pamungkas kami siapkan untuk camp di pos berikutnya.

Jam 9 tepatnya mulai berangkat dari kop kopan menuju pos pondokan yang notabenya pos terakhir sebekum submit ke puncak welirang. sebenarnya butuh waktu 5 jam perjalanan untuk sampai di pos ini, yaa tetapi apalah kami bisa molor sampai 7 jam...kwkkwkw

Jam 3 tepat kami sampai di pos pondokan, dan sudah saya duga semua lahan sudah penuh dengan tenda pendaki lain. dan akhirnya kami mendirikan tenda agak kebawah. Di pos ini terkenal sumer airnya melimpah, tetapi ketika hendak mengambil air dan bilas bilas muka sumber mengalami kekeringan, saya baru ingat bahwa pada saat itu adalah musim kemarau panjang.,. hiks hiks..

Akhirnya kami mendapatkan air secukupnya, cukup untuk masak, cukup untuk bekal submit dll.

Setelah masak-masak menu andalan yaitu sayur sop, dadar telor, nuget dan ote-ote kami makan dengan sangat nikmatnya. setelah makan kami pun istirahat mengumpulkan tenaga untuk submit. kami pun terlelap tidur dan keseokan harinya sekitar jam 8 kami melakukan perjalanan naik kepuncak dan membawa bekal secukupnya yaitu nutrijel, minuman segar rasa jeruk, dan  roti.

Jalan setapak demi setapak kami lalui dengan rasa senang dan pada akhirnya sudah dapat separuh perjalanan air minum 2 botol lupa tidak dibawa oleh teman saya....waawwwwww... dan akhirnya kami hanya bekal 1 botol aqua besar untuk 4 orang, mana lagi musim kemarau lagi..hisks..hikss..

Waktu terus berjalan dan pada suatu saat bau belerang sudah tercium tanda puncak sudah dekat, kami pun sangat senang dan langsung tancap gass dan akhirnya sampailah di puncak.

Itu lah sekilas perjalanan singkat team kami mendaki gunung welirang.