Type something and hit enter

author photo
By On
Berawal dari kegilaan menentukan pendakian di untuk mengisi liburan. salah satu teman langsung nyeplos "Argopuro" langsung aja browsing sana sini. Dan wwaawww menurut artikel butuh 5 hari untuk melakukan pendakian ke gunung ini. langsung aja arrange cuti dan bertepatan juga dengan libur hari raya 2014. ya dasarnya dulu kalau ada libur panjang bawaanya pengan kabur aja.

Gunung Argopuro termasuk bagian pegunungan Iyang yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Gunung Argopuro sendiri memiliki ketinggian 3.088 mdpl, dimana terdapat dua puncak yang terkenal yaitu Puncak Rengganis dan yang tertinggi adalah Puncak Argopuro. Kedua puncak ini terpisah sekitar 200 meter. Gunung Argopuro terkenal dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

Day 1 Packing
Packing di mulai dari siang, menyiapkan peralatan dan perlengkapan selama 5 hari untuk 5 orang. karena memang rancana berangkatnya malam hari dengan start dari bungurasih. Malam tiba waktunya kumpul di bungurasih sebagai pusat terminal untuk ke tujuan. awalnya kami buta akan rute. Hanya berbekal data data dari teman dan artikel. Tetapi selama prjalanan2 sebalumnya kami tidak pernah ragu, karena pasti di tengah jalan akan bertemu sesama rombongan. Dan benar pada saat menunggu bus kami bertemu dengan rombongan lain berjumlah 10 orang. Wah betapa senengnya karena 3 dari rombongan tersebut sudah pernah kesana.

Day 2. Baderan ( Basecamp - Mata air 2 )
Untuk menuju ke baderan. naik bus dari bungurasih tujuan banyuwangi tapi yan lewat jalur pantura dan turun di Besuki. dari sini anda bisa naik ojek atau jika rombongan bisa naik bemo.
untuk tiket dulu cuman 5000, tetapi sekrang infonmya perday 25.000 CMIW. setalah melakukan pendaftaran tak lupa kami membeli sarapan dulu untuk mengisi tenaga mengahadapi jalur panjang .

Pos Baderan
Pos Baderan

waktu tempuh dari basecamp ke mata air 2 adalah 1 hari artinya berangkat pagi sampe sana sore bahkan magrib, tergantung fisik setiap orang dan rombongan karena kita berangkat bersama pulang juga harus bersama.
Di pos mata air 2 ini terda[at are yang lumayan untuk mendirikan tenda dan sumber air yang sangat banyak tetapi harus turun ke bawah sekitar 10 menit untuk mengambol air. hari pertama pendakian kami menginap di sini sebelum besok melakukan perjalan ke cikasur

Day 3 Mata air 2 - Cikasur
Malam berlalu pagi datang dan di situ waktunya untuk masak masak untuk sarapan sebelum melanjutkan perjalanan ke cikasur. Jarak tempuh ke Cikasur dari mata air 2 butuh waktu sekitar 7 jam dan sama, tergantung kekuatan fisik dasar kami pendaki abal abal pasti banyak berhentinya.
sore sampe ke cikasur langsung bangun tenda. di siini tempatnya sangat lusa dan bisa menampung banyak tenda. bagiku cikasur ini tempat yang asyik, sungai2 yang jernih airnya tumbuhan selada air yang bisa di jadikan masakan uhhhh... rasanya pengan mandi di sana lagi.

Sungai di Cikasur dan Selada Air
Sungai di Cikasur dan Selada Air

Dan konon katanya temapt ini pernah dijadikan lapangan helikopter jaman penjajahan Jepang. Karena memang ada semacam bangunan posko yang sudah usang. dan auranya lumayan mistis..hhhhhh pagi disambut kicauan burang burang liar di hutan dan tak lupa mandi di sungai cikasur biar bdan segar. dan tak lupa masak sayur soop sebagai andalan ketika melakukan pendakian.

Posko Usang
Posko Usang

Savana Cikasur
Savana Cikasur

Day 4. Mata air 2 - Cisentor
Beda dengan cikasur yang terdiri dari padang savana. Cisentor ini memang tepat lokasi nya di tengah hutan di bawah pohon rimbun. lokasi di sini tak cukup luas untuk bisa mengcover kebuthan tenda. Karena di sini merupakan titik kita akan menuju ke Puncak Argopuro dan Rengganis karena jarak ke dua puncaknya tidak terlalu jauh.

Pos Cisentor
Pos Cisentor

Sekitar jam 2 siang kami sampai di cisentor setelah start dari cikasur jam 8an. langsung mendirikan tenda menaruh tas keril membawa peralatan secukupnya menuju puncak rengganis. sebelum sampai puncak kita melewati jalur yang  namanya Rawa embik.

Rawa Embik
Rawa Embik

Edelwis - Narsis
Edelwis - Narsis

Jalur yang luas dengan bunga edelwis yang sangat banyak dan tumbuh subur memang pada saat iti kami hanya ke Rengganis saja karena fisik dari kami sudah terkuras dan waktu juga semakin malam.

Puncak Rengganis
Puncak Rengganis

Day 5 Cisentor - Danau Taman Hidup
mendengar katanya sungguh indah. Danau taman hidup tapi jangan salah memang indah sih tapi aura mistis sangat terasa di sini.
dari cisentor start jam 9 pagi, sampai di sini sekitar jam 4 sore tak banyak aktivitas sore di sini hanya sekedar bermanja manjan dan masak sepuasnya karena memang ini adalah tempat camp terakhir. dapat di bilang pesta besar. konon katanya kalau kita teriak2 tiba tiba kabut akan datang dan bisa jadi kita di mimpin gitu itu. wkwkwk

Danau Taman Hidup
Danau Taman Hidup

Pagi di Taman hidup sungguh nikmat, udara yang sejuk dan jauh dari keramain membuat hati ini merasa sanhat bersyukur bisa melihat dan menikmati keindahan alam.
tak lupa main main ke danau dan photo photo. puas di danau Taman hidup waktunya ke pos terakir yaitu Bremi tak butuh waktu lama ke Bremi sekitar 4 jam perjalanan. suara suara kendaraan suah terdengar menandakan titik gapura bremi semakin dekat. dari Bremi sangat sedikit bu yang menuju ke Probolinggo. dan kita menunggu sampai sore menaiki busnya. karena memang jalur sana masih sepi sehingga jarang di lalu kandaaran umum. dan akhirya sampai bungurasih jam 7 malam

yah itu sekilas tantang gunung argopuro, tetapi infonya sekarang infonya tracknya tidak seperti ini lagi. Mohon maaf jika ada salah redaksi tulisan ini dilakukan di pendakian 2014 dan baru di tulis th ini. wowww lama banget ya...

Bremi - Pintu masuk ke Danau taman hidup
Bremi - Pintu masuk ke Danau taman hidup

Click to comment