Type something and hit enter

author photo
By On



Hallo Guys, Traveler Happy long weekend. Sambil mengisi waktu luang ane flashback ni ngulas perjalanan ke pulau menjangan bali. Kali ini ane mau share perjalanan explore Pulau menjangan tepatnya di Taman Nasional Bali Barat. Perasaan berdebar-debar ketika akan ke sini. Karena turun dari bus setelah perjalanan dari karimun jawa langsung taman ane mengajak estafet ke Pulau menjangan. Yang noteabenya besok sudah masuk kerja. Setelah menimbang nimbang akhirnya ane terima tawaran tersebut.

Langsung packing dan jam 00.00 wib tepat meluncur ke banyuwangi tempat dimana meeting point penyebragan. Untuk menuju pulau ini anda bisa melalui dua jalur yaitu : dari banyuwangi atau dari Bali. Karena mempertimabangkan jarak dan waktu, kami memilih untuk menyebrang via Banyuwangi.
Selama di perjalanan ane si tudur terus ( mungkin efek perjalanan dari karimun jawa tanpa instirahat ) hehehhee... Tepat jam 07:00 kami sampai di tempat meeting point yaitu pantai watudodol. kami sengaja memakai agen travel karena bisa sharing cost dengan peserta langsung. saat itu kami di temani mas Dwi, yang lebih dikenal dengan sebutan Unyink dari indonesia_traveler.

Sekitar 45 menit perjalanan dari watu dodol ke pulau menjangan, yang acara pertama  di mulai snorkling di spot coral garden. tanpa pikir panjang setalah sampai di spot tersebut dan mendapat arahan dari TL nya, langsung ane nyebur untuk melihat keindahan bawah laut pulau menjangan yang informasi saya dapatkan katanya bawah lautnya super bagus dan airnya jenis. Setelah kami puas snorkling kemudian kami diajak ke jembatan untuk untuk tracking ke pura ganesha.

Pulau Menjangan - Taman Nasional Bali Barat


Dari Jembatan tersebut kami explore pulau menjangan yang terkenal dengan pura ganeshanya. perjalanan kami lanjut mengikuti arahan dari TL nya. dan sampailah di spot yang kece untuk berfoto.

Foto di Tebing Pulau Menjangan


Nah iu tebingnya Amaziinngggg, cuaca saat itu cerah dan ombak yang tenang gaes tepatnya di bulan desember 2015, setelah melakukan tracking tibalah di spot yang ke dua yaitu Pos II pulau menjangan. Merupakan spot favorite bagi para penyelam dan freedive.culture coral di sini adalah berupa tebing / palung. Jadi sangat terlihat jelas dari atas bahwa di pinggiran adalah datar, agak menjorok ke tengah adalah palung. Jenis biota laut sangat bervariasi disini, mulai dari ikan nemo, jellyfish, kakak tua, kerapu, dll. untuk coralnya di sisi bawah banyak di jumpai fan coral gaes. di spot ini juga terdapat goa di dalam bawah laut, yang biasanya di gunakan para freedive menguji undernalinenya. dibutuhkan wktu sekitar 35 detik tidak bernapas didalam air untuk melawati gua ini..wwwwihhhhh....

Spot Ikan Hias Pulau Menjangan

Spot Ikan Hias Pulau Menjangan

Spot Ikan Hias Pulau Menjangan

Spot Ikan Hias Pulau Menjangan

Spot Ikan Hias Pulau Menjangan


Setelah puas snorking dan main main di pos II pulau menjangan, kami melanjutkan perjalanan dengan menaiki perahu ke Pos I pantai pulau menjangan, yang merupakan gerbang atau pintu masuk di pulau menjangan. sambil makan siang di pinggir pantai kami menikmati pemandangan pulau ini. sebenarnya di sekitar sini bisa di gunakan untuk snorkling tetapi banyak binatang laut yang berbahaya gaes, contohnya adalah bulu babi.

Pos 1 Pulau menjangan


Wusshhh,,,, Lanjot  snorkling di spot Eal Garden ( Ikan Hias ) disini anda akan dimanjakan dengan bawah karang - karang yang indah, tidak pakai menyelem, cukup pakai pelampung anda bisa menikmati bawah laut dan berbagai jenis ikan hiasnya. tetapi jaga kelestarian alam kita gaes, jangan pegang karang apalagi menginjaknya. karena butuh ratusan tahun bioa laut untuk berkembang.

Spot Ikan Hias Pulau Menjangan

Spot Ikan Hias Pulau Menjangan


Setelah puas di spot ini dan mengexplore pulau menjangan meskipun tidak terjangkau semuanya kami semua merasa puas sehari di pulau ini.  kami pun melanjutkan perjalanan pulang ke tempat meeting point untuk melakukan bilas mandi sebelum kembali ke Surabaya.

Oke gaesssssssssssss see you next trip yaaa :)

Tempat Penyebrangan

  • Banyuwangi dan Bali

Kisaran Harga

  • Start Surabaya 450 /pax
  • Start Banyuwangi 280 /pax

Happy Traveling dan jangan lupa JAGA KELESTARIAN ALAM

Click to comment