Type something and hit enter

author photo
By On
Beberapa bulan yang lalu tepatnya dibulan november mungkin bulan yang saya anggap sangat padat. Padatnya kenapa? ahhahaha mungkin terlalu banyak trip yah... :)

Iya berawal ajakan dari salah satu teman untuk ikut trip di Nusa Penida Bali, dan memang penasaran dengan lokasi tersebut. Karena meskipun dulu pernah hidup di bali selama 8 bulan, tetapi belum pernah traveling ke pulau ini padahal jaraknya deket sekali yah..

Atuh Beach

Oke langsung saja gaes,
Hari sabtu tepatnya setelah ada trip ke pulau menjangan - taman nasional bali barat yang notabenya terkenal dengan pemandangan bawah lautnya.memang sudah ada rencana sebelumnya bahwa setalah trip ke pulau menjangan, langsung marathon ke Nusa Nenida. Dan tepat juga bahwa saat itu penyebrangan dilakukan melalui banyuwangi tepatnya di Grand watu dodol. sehingga bisa arrange waktu untuk bertemu teman - teman yang pada saat itu keretanya sampai di stasiun Banyuwangi baru pukul 22.00.

Setelah melakukan trip ke Pulau menjangan, sambil menunggu rombangan lain, bisa menunggu sambil ngopi ngopi manja di banyuwangi. Tepat jam 22.00 rombongan lain sudah sampai di Stasiun, dan saya pun langsung menyusul mereka, santai sejenak istirahat dan makan karena rombongan yang lain +- 12 jam di kereta dari magelang ke Banyuwang.

Oke langsung saja kami cari tiket ferry setelah makan, dan kami berusaha sampai di Pelabuahan Gilimanuk Bali jam 00.01 wita karena sudah janjian dengan driver kami yang akan mengantar ke Pantai sanur yang merupakan tempat penyebrangan ke Nusa Penida.

00:30, Welcome to Bali..... langsung saja kami kontak driver dan beliau sudah siap di Gilimanuk. Sekitar butuh waktu 3jam dari gilimanuk ke Sanur ( kondisi jalan sepi). Dan benar kami sampai di sanur masih gelap dan sepi..hiks.. tapi tak mau lewatkan waktu itu untuk berisitirahat karena kapal penyebrangan ke Nusa Penida start pukul 09:00 wita.

Naik kapal express butuh waktu 30 menit untuk sampai ke nusa penida, tepatnya di desa Toyapakeh tempat kami start explore nusa penida dan menginap.

Day 1

Setalah sholat dan makan siang, langsung saja kami gass kendaraan motor untuk explore nusa penida, kali ini tujuan pertaman adalah pantai Atuh / kepulauan Seribu. wuuhhh amazing jalananya naik turun bukit selama 2 jam, dan sampailah di Pantai Atuh yang terkenalnya miniatur Raja Ampat :p

Setelah puas dan foto - foto di pantai ini perjalanan kemudian adalah menuju pantai cristal bay, yang terkenal dengan pasir yang seperti cristal jika terkana matahari dan sunset nya yang ciamikk...
butuh waktu sekitar 1.5 jam dari Atuh Beach ke Cristal bay dengan masih jalanan yang naik turun bukit.

Sunset di Cristal Bay

Dua jam disini kemudian kita menuju ke penginapan dan makan malam. butuh waktu sekitar 30 menit dari cristal bay ke toyapakeh.

Day 2

Day 2 ini kita full explore bawah laut Nusa Penida yang terkenal dengan arus derasnya. Langsung saja kita fitting alat snorkling dan menaiki boot. Dan alhasil cuaca saat itu kurang bersahabat yang notabenya bisa 4 spot kita hanya 2 spot karena ombak dan saat itu air lau keruh.Sampai ada salah satu rekan yang mual mual. Padahal saya sangat penasaran dengan patung bawah lautnya.Puas dengan snorling kita langsung menuju ke penginapan untuk istirahat untuk aktivitas dihari ketiga.

Day 3

Bangun pagi pagi dan sarapan tepat jam 08:00 langsung kita gazz motor ke Klingking Beach, Broken Beach, Angel Billabong, dan Pasih Andus. Okee berangkat butuh waktu 1 jam perjalanan ke Kelingking Beach.

View Klingking Beach

Puas foto foto ria perjalan lanjut ke Broken Beach, butuh waktu sekitar 1 jam menuju ke pantai ini dengan jalan yang sesuai namanya yaitu Broken.

Broken Beach

Pejalanan lanjut ke ke Angel Billabong dengan jalan kaki sekitar 15 menit, yang memiliki air yang sengat jernih.

Angel Billabong

Puas di tempat ini perjalanan kami lanjutkan ke Pasih Andus dengan jalanan yang sama yaitu jalan yang terjal dan makadam. butuh sekitar 20 menit dari Angel billabong ke Pasih Andus. Di Pasih Andus terkenal dengan semburna ombak yang menerpa tebing

Pasih Andus

Okay waktunya balik ke penginapan setelah explore hari ketiga. Karena kapal cepat yang kami tumpangi akan berangkat jam 15:00 wita.
Balik kepenginapan mandi dulu dan makan sebulum pulang.

Oke cerita singkat saat trip ke Nusa Penida.
Jaga Alam, Jangan buang sampah sembarangan biar anak cucu kita masih bisa merasakan indahnya INDONESIA.