Type something and hit enter

author photo
By On
Gunung Bromo, siapa yang tidak tahu keeksotisannya. Beberapa kali mengunjungi tempat ini, saya merasa seakan tiada bosannya, karena memang pemandangan yang disuguhkan benar-benar indah dan menakjubkan, terlebih jika berkunjung di waktu yang tepat.


Gunung Bromo (berasal dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu), adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sumber Wikipedia.

Akses ke tempat wisata Gunung Bromo bisa di tempuh melalui 3 jalur, yaitu:

  1. Jalur Tumpang – Malang
  2. Jalur Sukapura Probolinggo
  3. Jalur Tosari – Nongko Jajar


Jalur Gunung Bromo melalui Tumpang – Malang

Jalur ini bisa di tempuh via kota malang kemudian melanjutkannya kearah Tumpang, satu jalur dengan pendakian ke gunung Semeru.

Jalur Gunung Bromo Melalui Tosari – Nongko Jajar

Jalur ini mungkin yang paling sepi diantara kedua jalur, jika anda dari arah Surabaya jalur ini adalah berada di purwosari – pasuruan. Terdapat plakat di sepanjang jalan ke sana. Aksess menuju ke metting point jeep agak sepi, tetapi pemandangan yang disuguhkan sangat bagus karena melewati lerang perkebunan gunung Bromo warga tengger.

Jalur Gunung Bromo Melalui Sukapura – Probolinggo

Jalur ini bisa di katakan jalur yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan, Karena kita bisa dengan mudah mengaksessnya dan fasilitas di daerah tersebut sangat lengkap, mulai dari homestay sampai Hotel yang mewah.

Well, pada artikel ini akan saya ulas Wonderfull of gunung Bromo melalui rute Sukapura – Probolinggo.

Kali ini jam sudah menunjukkan pukul 22.00 WIB. Kami dan semua personel dari regu sudah berkumpul di kota Surabaya untuk menuju ke Sukapura yang nantinya menjadi titik untuk transit naik Hartop/Jepp. Kami memilih berangkat jam 22.00 WIB dari Surabaya dengan alasan bahwa kita akan transit di Sukapura kemudian naik Jeep ke Gunung Bromo sekitar jam 02.00 WIB supaya nantinya kita bisa menyaksikan sunrise Gunung Bromo yang terkenal akan keindahannya. Butuh waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai ke Probolinggo, tergantung ramai tidaknya jalan.

Indahnya Sunrise di Gunung Bromo
Penanjakan 1 - Sunrise View

Okee lets goo explore Bromo.

Penanjakan 1 - Sunrise Point

Penanjakan 1 adalah lokasi untuk meihat sunrise di Gunung Bromo, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung apalagi ketika weekend dan long weekend. Butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Sukapura dengan naik Hartop dengan jalur pertama melewati jalan kecamatan dan perkampungan warga sebelum kita turun ke lautan pasir dan  naik jeep lagi melewati tanjakan yang sangat curam. Lokasi ini tidak pernah sepi dari wisatawan maka usahakan sampai sini paling pagi agar bisa mendapatkan tempat duduk dan point untuk melihat Sunrise.


Bukit Teletubis

Bukit teleubis adalah savana yang luas dengan contur bukitnya menyerupai film anak anak era 1995an yaitu teletubis. Savanna yang luas dengan hijaunya rerumputan disertai hawa dingin yang begitu sejuk terasa tidak ingin cepat cepat meninggalkan tempat ini.



Disini sangat cocok untuk spot foto dengan background bukit-savana-langit yang cerah. Oh iya kamu bisa menyewa kuda hanya untuk sekedar buat foto..hehhe luamayan buat property.



Pasir Berbisik

Puas di bukut teletubis. Tujuan selanjutnya adalah Pasir Berbisik. Lokasi ini adalah padang pasir yang konon jika musim kemarau jika pasirya terkena hembusan angin akan mengeluarkan suara berisik. Di sini biasanya digunakan untuk spot foto wisatawan.
Pasir Berbisik - Gunung Bromo


Pasir Berbisik - Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo

Jengg Jenngg…ini lah Tujuan utamanya yang lumayan banyak menguras tenaga,iya Kawah gunung Bromo. Karena kalau tidak salah mulau tahun 2015 parkir jeep agak jauh dari lokasi tanjakan untuk menuju kawah. Otomatis jarak tempuh juga menjadi tambah jauh. Tapi hal itu tidak menyurutkan niat kami, karena notabenya kami ingin mengetahui kawah gunung bromo. Sebenarnya ada alternatif jika tidak ingin capek capek jalan yaitu dengan menyewa kuda sampai tepat ke anak tangga kawah.
Tetapi jika anda pengen adventure lebih baik jalan kaki sambil melihat melihat pemandangan. Anda juga akan di suguhkan sebuah bangunan pure yaitu Pura luhur Poten. Yang jika pada saat upacara ksodoh sangat ramai dikunjungi oleh warga tengger.
Butuh waktu sekitar 2 Jam pulang pergi dari parkiran jeep – puncak tetapi juga tergantung kondisi fisik masing masing orang.

Kawah Gunung Bromo dari Jauh

Via Pura Luhur Poten dari Puncak Gunung Bromo

Tips Mengunungi Gunung Bromo

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna buat kalian yang pengen jalan-jalan ke Gunung Bromo.

  1. Jika bisa kunjungilah ketika musim kemarau karena pada musim tersebut kebanyakan cuaca akan cerah sehingga kita bisa melihat sunrise yang sangat bagus. ( tetapi cuaca tidak bisa kita prediksi kadang cuaca cerah tetapi sunrise ketutup awan )
  2. Gunakan Jacket anti dingin
  3. Pakai Sepatu agar kaki selalu hangat
  4. Jika anda beramai ramai lebih baik menggunkan transportasi jeep
  5. Jaga kondisi tubuh karena hawa di sana sangat dingin
  6. See you another destination

Click to comment